Istri adalah Penguat bagi Suami

Istri diciptakan Allah dengan visi menjadi penolong yang sepadan bagi suami (Kejadian 2:18b). “Penolong” ini diberikan karena “Tidak baik kalau manusia itu seorang diri saja” (Kejadian 2:18a).

Berapa besar pengaruh dan peran yang diakibatkan hadirnya seorang istri. Pengaruh seorang istri dapat di ibaratkan sebagai “amplifier” (penguat) bagi suami. Karena istri, seorang suami akan bisa mencapai tidak hanya sukses, melainkan sukses besar. Sebaliknya karena istri, seorang suami akan bisa tidak hanya celaka, tetapi juga celaka besar. Ada beberapa contoh dampak yang diakibatkan oleh isteri bagi suami.

Suami jahat dan istri jahat

Contohnya, raja Ahab dan ratu Izebel (I Raja-raja 21). Ahab adalah raja Israel yang jahat. Ia menginginkan tanah milik Nabot. Tetapi Nabot tidak mengijinkan karena ketaatannya kepada hukum Tuhan. Maka Ahab kesal hati dan gusar.

Ketika Izebel istrinya yang jahat mengetahuinya, dengan kejam dan fitnah yang jahat dia membunuh Nabot. Karena Izebel, maka Ahab yang jahat menjadi sangat jahat.

Suami jahat dan istri baik

Contohnya, Nabal dan Abigail (I Samuel 25). Nabal itu jahat, tetapi Abigail istrinya seorang bijak dan cantik. Hampir saja Daud membunuh Nabal karena kejahatannya, tetapi karena Abigail itu bijak, Daud tidak jadi membunuh Nabal. Abigail, berhasil menyelamatkan suaminya yang jahat. Tetapi karena memang jahat, Nabal dipukul Tuhan sehingga mati. Dan karena kebijakan dan kecantikannya, Abigail diperistri oleh Daud.

Suami baik dan istri jahat

Contohnya, Salomo (I Raja-raja 11). Salomo yang sebenarnya adalah seorang hamba Tuhan yang baik, nabi dan raja yang diurapi. Jatuh kedalam dosa karena pengaruh istri-istrinya.

Suami baik dan istri baik

Contohnya, Akwila dan Priskila (KPR 18 dan I Kor 16:19). Mereka berdua pemimpin jemaat terkemuka. Bahkan Paulus menghormati mereka. Betapa indahnya ketika Akwila melayani jemaat didukung dengan baik oleh Priskila isterinya. Akwila dan Priskila menjadi sebuah tim pelayanan Tuhan yang hebat, yang sangat dihargai rasul-rasul. Mereka mempunyai jemaat dirumahnya.

Dari contoh diatas, kita lihat berapa besar dampak yang diakibatkan oleh istri atas suaminya. Sebuah kata mutiara mengatakan, “dibalik seorang suami yang sukses, pasti ada seorang istri yang baik”.

Kesuksesan yang dapat diraih seorang laki-laki yang didukung oleh istri akan jauh lebih besar dari pada kesuksesan yang dapat diraihnya sendirian. Sebaliknya seorang istri yang buruk akan mengakibatkan celaka yang besar juga bagi suaminya.

Refrp-wjgkkd/280107-p10

Foto: indianastrologyguru.com

Mari saling berbagi berkat :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •