Orang Biasa Bertindak Luar Biasa

Orang yang luar biasa adalah orang yang mampu melakukan sesuatu bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk orang lain. Superman, Spiderman, Batman, Superboy, merupakan tokoh heroik yang dianggap sebagai orang-orang yang luar biasa karena kehebatan, kuasa dan kekuatan yang besar yang dimilikinya.

Kemampuan ekstra dalam dirinya yang diperoleh secara ajaib itulah yang membuat mereka menjadi orang-orang yang luar biasa. Melalui film-film itu, kita terjebak pada pemikiran atau gambaran tentang keluarbiasaan manusia.

Orang yang luar biasa adalah orang yang memiliki kekuatan ekstra yang bukan dari dirinya sendiri. Orang-orang seperti itulah yang mampu melakukan hal luar biasa. Jadi, keluarbiasaan mereka bukan karena tindakannya menyelamatkan orang lain, namun lebih cenderung pada kemampuan supra naturalnya.

Padahal, dalam realita kehidupan, semua itu hanyalah fiktif, tidak pernah ada manusia super, yang ada hanyalah manusia biasa. Manusia biasa artinya orang tersebut makan, berpakaian, dan hidup seperti orang-orang pada umumnya, dan minimal seperti orang-orang sekampungnya.

Mereka juga tentu punya masalah, kelemahan, dan keterbatasan seperti manusia lainnya. Namun, bagaimana orang-orang biasa ini mampu melakukan perkara luar biasa; bisa membuat mujizat dan sanggup menjawab kebutuhan orang lain, simaklah beberapa kisah tokoh berikut ini.

Petrus dan Yohanes Punya Keberanian

“Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus.” Kisah Para Rasul 4:13

Petrus dan Yohanes dikenal sebagai orang yang tidak terpelajar, artinya bukan orang yang memiliki wawasan pendidikan dan pengetahuan umum yang luas. Tentu kosa kata mereka terbatas. Sudah pasti orang-orang seperti Petrus dan Yohanes ini minder saat berada didepan publik, apa lagi di hadapan para tokoh agama yang terkenal pandai.

Namun kenyataannya tidak demikian. Ketika Petrus dan Yohanes berbicara di hadapan sidang jemaat, para tokoh agama heran melihat Petrus dan Yohanes, mereka angkat topi atau mengacungkan jempol atas keberanian Petrus dan Yohanes.

Pertanyaannya bagi kita, bagaimana orang-orang biasa ini punya keberanian yang luar biasa? Jawabnya adalah mereka pengikut Yesus. Mereka pernah hidup bersama-sama dengan Yesus, dan ada Roh Kudus yang memenuhi hidup mereka. Pengalaman hidup bersama Yesus plus dorongan Roh Kudus dalam hidup mereka itulah yang membuat mereka berani memberitakan Injil kepada ribuan orang.

Paulus dan Barnabas Mampu Membuat Mujizat

“Hai kamu sekalian, mengapa kamu berbuat demikian? Kami ini (Paulus dan Barnabas) adalah manusia biasa sama seperti kamu. Kami ada di sini untuk memberitakan Injil kepada kamu, supaya kamu meninggalkan perbuatan sia-sia ini dan berbalik kepada Allah yang hidup, yang telah menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya.” Kisah Para Rasul 14:15

Paulus dan Barnabas mengakui bahwa dirinya manusia biasa, artinya tidak jauh beda atau tidak lebih baik dari manusia umumnya. Namun mereka mampu membuat mujizat dan menyembuhkan orang-orang yang sakit. Bagaimana ini bisa terjadi? Jawabnya karena mereka pernah berjumpa dengan Yesus.

Elia Sanggup Menahan dan Menurunkan Hujan

“Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujan pun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.” Yakobus 5:17

Elia juga manusia biasa, namun ia sanggup menahan dan menurunkan hujan. Bagaimana bisa terjadi? Jawabnya sederhana, ia sungguh-sungguh berdoa. Tak jauh berbeda dengan orang-orang tersebut, kitapun mestinya juga mampu membuat tindakan yang luar biasa meskipun kita orang biasa.

Karena kunci keluarbiasaan mereka, kitapun juga memiliki; hidup bersama Tuhan Yesus, perjumpaan dengan Yesus, Roh Kudus, dan bisa berdoa. Sehingga melalui hidup kita, mestinya ada banyak orang yang diberkati dan menerima keselamatan.

Refrp-wjgkkd/290707-p03

Foto: pinimg.com

Mari saling berbagi berkat :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •